Tips Menulis Surat Permohonan Maaf

Tips Menulis Surat Permohonan Maaf - Hai sobat Blog Tugas Sekolahku, senang sekali bisa berbagi untuk mengerjakan tugas sekolah dengan kalian semua. Pada sharing tugas sekolah kali ini yang berjudul Tips Menulis Surat Permohonan Maaf, saya telah menyediakan artikelnya dengan sepenuh hati. Mudah-mudahan isi postingan Tugas Sekolah yang saya tulis ini dapat sobat manfaatkan.
Ok, here we go...

lihat juga


Tips Menulis Surat Permohonan Maaf

Tips Menulis Surat Permohonan Maaf
Tips Menulis Surat Permohonan Maaf - Saat melakukan kesalahan tentu saja permintaan maaf sangat ditunggu demi mencairkan suasana sekaligus untuk menyelesaikan permasalahan. Terlebih lagi jika anda melakukan kesalahan di perusahaan tempat anda bekerja. Surat permintaan maaf tentu menjadi hal penting untuk anda berikan pada pimpinan perusahaan ini. Surat itu juga berguna sebagai wujud itikad baik anda di perusahaan.

Yang namanya meminta maaf anda harus dilakukan dengan cara yang benar disertai dengan kata-kata yang tepat. Dalam menulis surat permintaan maaf anda perlu memperhatikan berbagai hal guna menuliskan surat yang benar dan tepat. Sebenarnya menulis surat permintaan maaf tersebut merupakan hal yang sederhana jika anda melakukannya dengan benar dan sepenuh hati.

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang harus anda perhatikan sebagai Tips Menulis Surat Permohonan Maaf.
  1. Dalam penulisannya hendaknya anda menghilangkan segala macam rasa tinggi hati dan ego yang anda miliki.
  2. Kemudian sampaikan permintaan maaf anda dengan singkat namun jelas.
  3. Tips Menulis Surat Permohonan Maaf yang berikutnya adalah hendaknya anda menunjukkan rasa penyesalan anda yang mendalam.
  4. Perlu diingat bahwa jangan pernah menyalahkan orang lain. Karena jika anda melakukannya, maka kesan yang buruk akan terlihat pada diri anda. Akan lebih baik jika anda mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kesalahan anda dan anda menyesal telah melakukannya.
  5. Tips Menulis Surat Permohonan Maaf yang selanjutnya adalah jika surat tersebut merupakan surat permintaan maaf bisnis, maka gunakan surat formal yang ditulis dengan nada santai.
  6. Jika anda melihat setiap contoh surat permintaan maaf bisnis, mungkin kepada pelanggan atau klien, anda akan tahu bahwa ada beberapa hal yang perlu disebutkan seperti nama semua pihak yang terlibat, dan alasan mengapa anda menulis surat ini, apa kesalahan yang telah dibuat, jaminan bahwa anda tidak akan mengulangi kesalahan dan lain sebagainya.
  7. Jangan membuat kesan seperti memaksa bahwa orang tersebut harus memaafkan anda.
  8. Tips Menulis Surat Permohonan Maaf yang terakhir adalah sebaiknya surat permintaan maaf tersebut segera dikirimkan. Hal ini bertujuan agar masalah yang anda hadapi cepat selesai dan tidak menimbulkan kesan buruk pada diri anda di mata orang lain.
Tips Menulis Surat Permohonan Maaf
Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan sebuah contoh format penulisan surat permintaan maaf.


SURAT PERMOHONAN MAAF
No. I/SPP/VII/13
Kepada Yth,
Deni Sutrisna
Hal : Surat Permohonan Maaf
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama : Helmi Deriska
Jenis kelamin : Laki-laki
Tanggal lahir : 05 Agustus 1984
Alamat : Jalan Tuanku Imam Bonjol No. 11 Surabaya
Pekerjaan : Karyawan Swasta
Agama : Islam
Sehubungan dengan tindak kesalahan yang telah saya lakukan atas Saudara Deni Sutrisna, yakni melakukan tindak kekasaran pada saat hendak mewawancarai saya berkaitan dengan pertanyaan yang Saudara ajukan  kepada saya, maka dengan ini saya bermaksud untuk menyampaikan surat permohonan maaf berkaitan dengan peristiwa tersebut.
Tindak kekerasan yang saya lakukan terhadap Saudara merupakan tindakan diluar batas, dan saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas tindakan salah yang telah saya lakukan kepada Saudara. Kejadian tersebut adalah sebuah tindakan yang salah yang terjadi diluar kesadaran saya, sehubungan dengan itu maka saya sangat mengharapkan permohonan maaf dari saudara terkait persistiwa tersebut.
Demikian surat permohonan maaf ini saya buat sebagai bentuk penyesalan saya terhadap tindak kekerasan yang telah saya lakukan. Semoga Saudara berkenan untuk memaafkan saya. Atas perhatian dan kelapangannya saya sampaikan terima kasih.
Surabaya, 26 April 2016
Hormat saya,
Helmi Deriska
 
Demikianlah  Tips Menulis Surat Permohonan Maaf yang dapat kami sampaikan kepada anda. Semoga bermanfaat bagi anda.
loading...


Demikianlah Artikel Tips Menulis Surat Permohonan Maaf

Sekian artikel Tips Menulis Surat Permohonan Maaf, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk sobat semua. Dan jangan lupa bagikan ke teman-teman lainnya yang membutuhkan artikel Tips Menulis Surat Permohonan Maaf ini yah.

Anda sedang membaca artikel Tips Menulis Surat Permohonan Maaf dan artikel ini url permalinknya adalah https://prdantugassekolahku.blogspot.com/2017/04/tips-menulis-surat-permohonan-maaf.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Tips Menulis Surat Permohonan Maaf"

Post a Comment

loading...