Contoh Surat Formal

Contoh Surat Formal - Hai sobat Blog Tugas Sekolahku, senang sekali bisa berbagi untuk mengerjakan tugas sekolah dengan kalian semua. Pada sharing tugas sekolah kali ini yang berjudul Contoh Surat Formal, saya telah menyediakan artikelnya dengan sepenuh hati. Mudah-mudahan isi postingan Tugas Sekolah yang saya tulis ini dapat sobat manfaatkan.
Ok, here we go...

lihat juga


Contoh Surat Formal

Saat ini zaman sudah berkembang, dan media komunikasi dan informasi pun sudah sangat canggih. Walaupun dengan canggihnya media komunikasi tersebut, namun keberadaan surat masih digunakan di kalangan masyarakat, terlebih pada suatu sekolah maupun instansi tertentu. Surat resmi atau dapat juga disebut surat formal merupakan surat yang digunakan untuk keperluan yang bersifat resmi, baik urusan pribadi, organisasi, maupun instansi/dinas. Beberapa contoh surat formal yaitu surat pemberitahuan, surat permohonan, surat resmi sekolah, surat resmi instansi/kedinasan, dan sebagainya. Surat resmi memiliki fungsi sebagai media komunikasi secara resmi yang secara sah dipertanggungjawabkan secara hukum antar satu pihak dengan pihak lain.

Contoh-Surat-Formal

Keberadaan surat formal sangat populer sekali. Ciri-ciri surat formal yaitu pertamaadanya kop surat, kedua terdapat nomor surat, lampiran dan perihal, ketigapenulisan menggunakan bahasa Indonesia sesuai EYD, dan terakhir adanya pengesahan surat yang berasal dari stempel dari sekolah/instansi yang terkait. Selain itu, dalam pembuatan surat formal harus sesuai dengan format penulisan, yaitu kop surat, tanggal pembuatan surat, nomor surat, hal/perihal surat, lampiran, alamat tujuan surat formal, salam pembuka, isi surat, penutup surat, nama pengirim, tembusan, dan tanda tangan pengirim. Biasanya contoh surat formal yang menggunakan format seperti di atas yaitu surat undangan dari sekolah maupun instansi.

Untuk membuat penulisan surat formal cukup mudah, hanya memerlukan pemahaman yang baik mengenai kaidah penulisan yang akan kita tulis dan tinggal menulis kata-kata yang bagus dan sopan agar citra formalnya dapat kentara dan sempurna. Apabila anda masih bingung dengan format penulisan contoh surat formal, berikut contohnya.

Contoh Surat Formal


Dear Sir or Madam,

Through this letter we announce that we will be holding a celebration of the 58th anniversary of SMAN KBI on:

day/date: Saturday, 29th November 2014.
time: 10.00 p.m

We would be very grateful if you could attend to the event. Thank you for your attention.

Sincerely,



The Principal of SMAN KBI
Joko Subagio, M. Pd


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Terjemahan

Yang terhormat Bapak/Ibu,

Melalui surat ini kami mengumumkan bahwa kami akan mengadakan perayaan ulang tahun ke-58 dari SMAN KBI pada :

hari/tanggal : Sabtu, 29 November, 2014 .
waktu : 10.00 p.m

Kami akan sangat berterima kasih jika Anda bisa menghadiri acara tersebut . Terima kasih atas perhatian Anda.

Hormat saya,



Kepala sekolah SMAN KBI
Joko Subagio, M. Pd

Jadi kegunaan surat terutama surat resmi masih banyak yang mau menggunakannya. Pada dasarnya terdapat lima format penulisan surat formal, yaitu bentuk lurus berisi penuh, bentuk lurus, bentuk setengah lurus, bentuk lekuk, dan yang terakhir paragraf yang menggantung.

Baca Juga : Contoh Surat Resmi

Demikianlah beberapa informasi mengenai contoh surat formal yang dapat kami sampaikan, apabila dalam penyampaian terdapat beberapa kata maupun kekeliruan kami mohon maaf. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan anda manfaat.
loading...


Demikianlah Artikel Contoh Surat Formal

Sekian artikel Contoh Surat Formal, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk sobat semua. Dan jangan lupa bagikan ke teman-teman lainnya yang membutuhkan artikel Contoh Surat Formal ini yah.

Anda sedang membaca artikel Contoh Surat Formal dan artikel ini url permalinknya adalah https://prdantugassekolahku.blogspot.com/2016/02/contoh-surat-formal.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Contoh Surat Formal"

Post a Comment

loading...