Contoh Surat Laporan

Contoh Surat Laporan - Hai sobat Blog Tugas Sekolahku, senang sekali bisa berbagi untuk mengerjakan tugas sekolah dengan kalian semua. Pada sharing tugas sekolah kali ini yang berjudul Contoh Surat Laporan, saya telah menyediakan artikelnya dengan sepenuh hati. Mudah-mudahan isi postingan Tugas Sekolah yang saya tulis ini dapat sobat manfaatkan.
Ok, here we go...

lihat juga


Contoh Surat Laporan

Dari namanya sudah dapat disimpulkan bahwa surat laporan adalah surat yang berisikan mengenai laporan suatu hal misalnya tentang pekerjaan. Tujuannya tentu saja untuk menyampaikan laporang yang berkaitan dengan hal tersebut. Bagian-bagian isi laporan tergantung dari ragam laporan yang dibuat. Surat laporan ini sendiri terdiri dari beberapa komponen atau bagian penting yaitu :

1. Sampul

Sampul atau cover adalah bagian yang biasanya berada paling luar. Sampul ini juga berisi judul laporan, penyusunan laporan, kepentingan penyusunan laporan, logo instansi, dan bulan pembuatan laporan itu sendiri.

2. Halaman Judul

Bagian penting yang kedua adalah halaman judul. Halaman judul ini berisikan tentang judul laporan, nama dan identitas penerima laporan. nama dan identitas penulis, tempat dan tanggal. Judul laporan juga harus jelas, ringkas, lengkap, dan mencerminkan isi secara keseluruhan. Identitas dan nama
penerima biasanya tidak selalu ditulis, namun jika akan disertakan maka biasanya diawali dengan kata "Diserahkan Kepada". Nama dan identitas penulid didahului kata "Oleh" dan diikuti identitas penulis. Tempat dan tanggal ditulis pada bagian bawah dengan terpisah.

3. Surat Penyerahan

Bagian yang ketiga adalah surat penyerahan. Surat penyerahan merupakan surat formal yang berisi unsur-unsur konvensional surat dengan judul "Surat Penyerahan". Sebenarnya surat penyerahan ini sendiri bukan bagian dari laporan, namun hanya sebagai pengantar dan sifatnya perorangan. Jadi surat ini tidak wajib dibuat, akan tetapi akan lebih baik jika disertakan.

4. Abstrak

Apa itu abstrak? Abstrak adalah suatu uraian yang bertujuan menerangkan aspek-aspek yang ditulis dan informasi penting dalam laporan kepada pembaca. Abstrak ini keberadaannya cukup penting untuk melihat secara sekilas isi dari laporan. Selain itu abstrak juga dapat digunakan untuk menyegarkan ingatan agar ingat kembali isi laporan yang telah dibaca.

5. Daftar Isi

Mengenai daftar isi, bagian ini adalah bagian dari laporan yang menunjukkan garis besar judul, subjudul laporan yang memberi gambaran dan petunjuk topik apa saja yang dilaporkan. Gunanya daftar isi ini adalah untuk memudahkan pembaca mengetahui struktur dari laporan.

6. Pendahuluan

Bagian yang berikutnya adalah pendahuluan. Pendahuluan ini merupakan bagian dari laporan yang berfungsi sebagai pengantar sebelum memasuki inti dari suatu laporan. Pendahuluan berisi tentang latar belakang masalah, ruang lingkup, uraian ringkas penyusunan, tujuan, sumber informasi, waktu pelaksanaan, dan lain sebagainya.

7.  Isi

Dan ini merupakan bagian yang paling penting dan harus ada dalam membuat surat laporan. Karena jika tidak ada, apa gunanya anda membuat surat laporan. Isi dari laporan ini menyangkut tentang persoalan dan segala sesuatu yang berkaitan langsung dengan persoalan tersebut. Biasanya isi laporan meliputi : 
  • Hasil pengamatan
  • Pencocokan data dan fakta
  • Faktor pendukung dan penghambat
  • Pembahasan dan hasil dari sesuatu yang telah dilaksanakan mengenai pokok persoalan yang akan dilaporkan.
 8. Kesimpulan dan Saran

Bagian dari surat laporan yang berikutnya adalah kesimpulan dan saran. Kesimpulan dan saran ini merupakan bagian penutup dari surat laporan. Kesimpulan ditarik dari fakta-fakta dan banyak mempersoalkan hubungan logis. Sedangkan daran sendiri adalah langkah atau alternatif penyelesaian masalah agar masalah tersebut dapat diatasi dengan sebaik-baiknya. Bentuk dari kesimpulan ini sendiri tergantung dari isi laporan karena urutan penyajiannya sesuai dengan isi laporan.

9. Bagian Pelengkap

Yang terakhir dari bagian surat laporan adalah bagian pelengkap. Bagian ini adalah bagian dari laporan yang melengkapi laporan tersebut. Bagian pelengkap ini biasanya berupa lampiran dan bibliografi. Sebagai contoh lampiran tentang data yang telah dikumpulkan, foto-foto, peta, dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa bagian yang merupakan Contoh surat laporan yang benar. Kami harap ulasan kami ini dapat membantu anda ya. Sampai bertemu di ulasan menarik kami yang berikutnya. Sukses selalu.
loading...


Demikianlah Artikel Contoh Surat Laporan

Sekian artikel Contoh Surat Laporan, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk sobat semua. Dan jangan lupa bagikan ke teman-teman lainnya yang membutuhkan artikel Contoh Surat Laporan ini yah.

Anda sedang membaca artikel Contoh Surat Laporan dan artikel ini url permalinknya adalah https://prdantugassekolahku.blogspot.com/2017/08/contoh-surat-laporan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Contoh Surat Laporan"

Post a Comment

loading...